Pada tulisan sebelumnya, ada latihan soal yang digunakan
untuk melatih konsep yang dijelaskan dalam tulisan tersebut. Ini dia soalnya
Mari kita bahas solusi dari soal tersebut. Soal ini
sebenarnya tidak hanya melatih kita untuk memikirkan solusi dari hal yang
sederhana, tapi juga untuk berfikir kreatif dan solutif. How can? Let’s check
it out :)
Seperti hint yang sudah diberi sebelumnya, kita akan
menggunakan garis AF sebagai garis bantu. Namun, pertanyaan berikutnya muncul,
mengapa harus pakai AF sebagai garis bantu? Pertanyaan yang bagus. Nah,
disinilah sebenarnya salah satu hal unik dari pembelajaran matematika,
khususnya di olimpiade. Tidak ada cara yang kaku untuk menyelesaikan sebuah
permasalahan. It can be solved with this way, also in another way.
Bagaimana memecahkan permasalahan itu juga berdasarkan seberapa kreatif kita
dalam mencari dan mencoba langkah solusi yang mungkin dapat digunakan untuk
memecahkan permasalahan tersebut. Bagaimana caranya agar kreatif? Berlatihlah
dan terus berlatih dalam memecahkan permasalahan tersebut. Bukannya kita akan
semakin bijak dengan banyak masalah yang dapat kita selesaikan? Cieh :D
Kembali ke laptop, eh ke permasalahan tadi. Untuk
mencari luas ABC, kita harus mencari luas ADFE. Dengan garis bantu AF,
dimisalkan luas ADF=x dan AFE=y
Kemudian, coba kita lihat bagian segitiga AFC.
Dengan konsep
di tulisan sebelumnya, dapat terlihat bahwa segitiga AFE dan segitiga EFC
memiliki tinggi yang sama. Maka, perbandingan luasnya adalah
Dengan cara yang sama, karena segitiga
ABE dan EBC juga memiliki tinggi yang sama, maka
Sehingga dapat diperoleh bahwa
Dan kemudian dengan cara yang sama, jika
kita melihat bagian segitiga AFB, dapat disimpulkan bahwa:
Lalu, coba kita kerjakan dua persamaan di
atas, sebagai berikut:
Maka,
kemudian akan diperoleh LABC = 200+216+70+84+105 = 675
Yuk, kita kembangkan kreativitas dalam belajar matematika agar dapat menyelasaikan permasalahan secara solutif. Selamat belajar matematika :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar